Advertisement

Responsive Advertisement

VERB (TRANSITIVE AND INTRANSITIVE ) #2

 


Pada awal blog ini, telah diuraikan materi kata kerja (verb)  sebagai steam (bentuk dasar), action verb (kata kerja aksi) , linking verb (kata kerja penghubung) dan , helping verb (kata kerja pembantu).

Penulisan kata kerja aksi (action verb) lebih banyak dipergunakan, selain dapat mengidentifikasi jenis kalimat dan fungsi sosialnya. Pembaca  dapat menilai bobot tulisan (pemilihan kata) tersebut dan bila terjadi suatu percakapan penerima respon dapat menilai dengan siapa lawan bicara, tema diskusi, seberapa bermanfaatkah pembicaraan tersebut.

Kata kerja aksi (action verb)  dalam penulisan dapat di bagi menjadi dua bagian yaitu:

1) kata kerja transitip (transivite verb)  adalah kata kerja yang membutuhkan objek dan pelengkap dalam suatu kalimat. Kata kerja ini ada yang memerlukan akhiran (suffix) dan ada yang tidak memerlukan akhiran. Kok bisa ya??? . Jika kalimatnya di awali oleh orang ketiga tunggal (she, he and it) maka wajib adanya penambahan suffix dengan melihat jenis kalimat yang akan digunakan.

Cermati gambar di bawah ini :
transitif sentence



2) Kata kerja instansitip (instransitive verb) adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek dan penjelas dalam kalimatnya. Kata kerja pada kalimat ini  sudah menjadi objek dan pelengkap. 
 Cermati gambar di bawah ini: 

instransitive



Selamat belajar.

Posting Komentar

0 Komentar