Advertisement

Responsive Advertisement

WRITE AN APPLICATION LETTER & CV


CV

Definition

Ketika kamu melamar pekerjaan HAL UTAMA yang akan menarik  hati pihak (recruiter) HRD adalah gaya surat lamaran pekerjaan  (Apllication letter) dan daftar riwayat (curriculum vitae). Dari kedua berkas tersebut seorang HRD dapat menilai kelayakan di terima atau tidaknya seorang pelamar (job seeker) dari gaya bahasa dan tulisan yang di kirimkan.

Surat lamaran pekerjaan (Apllication letter) dan daftar riwayat (curriculum vitae) yang menarik para HRD akan memberikan PELUANG LEBIH BANYAK untuk di wawancara. Dalam surat lamaran pekerjaan tersebut tuliskan posisi apa yang akan kamu lamar, keahlian yang dimiliki, keterampilan dan kekuatan yang di miliki. Pada daftar riwayat hidup tuliskan data pribadi, riwayat pendidkan akademik dan non akademik, pengalaman apa saja yang pernah di geluti, serta perhargaan atau sertifikat pendukung apa saja yang dapat menguatkan surat lamaran kamu. 

Job Application Letter Tips

1. Emphasize your skills and abilities.

    Surat Lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup merupakan dua hal berkas utama yang menjadi penentun akan di wawancarai atau tidaknya seorang job seeker maka harus ada penegasan tentang keahlian dan kemampuan yang dimiliki. MIsalkan seorang lulusan teknik mesin memiliki keahlian dan kemampuan dalam memperbaiki selain itu juga memeiliki keterampilan dibidang Teknologi Internet.

2. Stay concise.

    Penulisan surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup yang bertele-tela akan sangat membosankan jadi gunakan bahasa penyampaian yang singkat dan jelas.

3. Proofread the letter.

        Ketika menuli surat lamaran pekerjaan dan daftar rowayat hidup hindarilah kesalahan penulisan ejaan dan tata Bahasa agar memberikan kesan positif bagi HRD.

4. Review the job listing keywords.

        Penulisan kata kunci dalam menulis surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup sangatlah penting hal ini akan mencerminkan kemampuan seorang pelamar dalam menulis dan berkata ketika menyelesaikan masalah.

5. Send a letter for every position to which you apply.

        Kirimlah surat lamaran ke banyak tempat  sesuai dengan posisi yang anda inginkan hal tersebut akan membuka banyak peluang dan kesempatan untuk diterima

Format an Application Letter 

1. Use a professional format. (gunakan  format yang profesional ketika melamar pekerjaan).

2. Create the heading. (buatlah judul yang tepat sesuai dengan lamaran).

3. Address the letter to the hiring manager. (alamat yang ditujukan harus jelas dan tepat).


Example and  Template Application Letter


Write an Application Letter 

1. Review information about the company and position.

    Tinjau ulang terkait informasi lowongan pekerjaan dan posisi yang akan dilamar, apakah benar-benar membuka lowongan pekerjaan dengan posisi yang di sebutkan, sehingga mempermudah menulis surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup dapat di cantumkan bukti pendukung yang kuat.

2. Open the letter by describing your interest.

        Jelaskan minat kenapa melamar posisi tersebut dan pengalaman apa yang di miliki sebelumnya.

3. Outline your experience and qualifications.

        Gambarkan bahwa pelamar memiliki pengalaman pada posisi yang di lamar sebelumnya, hal apa saja yang di temui dan dapat di pecahkan.

4. Include aspects of your personality.

        Pada bagian ini cerminkan bahwa pelamar meliki kepribadian yang menyenangkan, sportif dan dapat di ajak bekerja sama dalam tim kerja kecil maupun besar serta mampu bekerja mandiri.

5. Express appreciation.

     Ungkapkan harapan pelamar untuk di terima, dengan memberikan sanjungan ke lowongan pekerjaan tersebut.

6. Close the letter.

        Pada paragrap akhir ini, ucapkan terima kasih, salam penutup dan hal yang paling terlupakan adalah penulisan nama setelah tanda tangan.

Sending an Application Letter and Curriculum Vitae

    Dalam pengiriman surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup haruslah mengikuti prosedur yang telah ditentukan.


Curriculum Vitae Tips

1. Understanding the CV's content.

2. Create an attractive CV design.

3, Tell your works experience's details.

4. Put on reference contact (sosial media and prive). 

5. Show that you be able to speak another languages. 

6. Write down your softskills.


Example Curriculum Vitae

 

Biar makin paham kuy lihat videonya sembari refresh

Posting Komentar

0 Komentar